in inspirasi usaha, opini

Strategi Marketing Medsos Bisnis Skala Kecil

8 strategi marketing medsos bisnis skala kecil berikut ini akan membantu anda melangkah lebih jauh lagi di persaingan di era internet. Baca terus sampai habis!

strategi marketing medsos untuk bisnis skala kecil oleh donomen.com

Strategi Marketing di Media Sosial untuk Bisnis Skala Kecil

Media sosial atau akrab disebut dengan medsos telah menjadi sarana pemasaran yang umum digunakan sekarang ini, apalagi di di era new normal dan pandemi Covid19 seperti sekarang, kita seperti dipaksa untuk beralih ke media pemasaran online sehingga banyak sekali orang yang berkompetisi untuk membangun bisnis online.

Pengetahuan marketing medsos ini menjadi penting untuk dimiliki khususnya mereka yang  melakukan bisnis online. Untuk bisnis dalam skala besar, umumnya mereka telah mempunyai konsumen tetap dari tiap-tiap produknya. Tetapi untuk bisnis berskala kecil, mereka masih membutuhkan banyak upaya untuk memperoleh banyak konsumen/pelanggan.

Karenanya, perlu sekali memahami strategi marketing medsos untuk bisnis skala kecil agar tidak hanya dapat menarik banyak konsumen lewat media sosial, tapi juga mengembangkan brand. Berikut adalah strategi marketing medsos untuk bisnis skala kecil.

Strategi marketing medsos 1: Membangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan untuk sebuah bisnis di media sosial tidak sesulit yang dibayangkan. Anda tidak mesti mempunyai banyak follower atau pengikut, tetapi hanya butuh menghubungkan bisnis Anda dengan orang-orang yang tepat.

Anda dapat memulai proses ini dengan membentuk brand awareness yakni dengan menciptakan visibilitas online yang menjadi representasi dari bisnis Anda. Anda mesti merancang tampilan website, blog, dan media sosial menurut jenis bisnis Anda atau meminta bantuan pada desainer profesional untuk merancang website dan blog Anda supaya lebih menarik.

Strategi marketing medsos 2: Menarik Pelanggan Potensial

Facebook dan Instagram dapat digunakan untuk menarik calon pelanggan baru. Sebelum melakukannya Anda harus memastikan pengaturan seo tagging pada halaman Facebook secara benar. Selanjutnya Anda dapat mengajak teman-teman di Facebook untuk jadi konsumen potensial bisnis anda.

Strategi marketing di media sosial: Membangun Relasi di Media Sosial

Hubungan adalah hal paling penting dari media sosial. Mempunyai hubungan yang baik akan mempermudah langkah Anda untuk memasarkan produk. Sehingga Anda pun mesti dapat menggunakan media sosial yang dimiliki untuk mulai membuat jaringan dengan berbagai pihak yang berpotensi menjadi pelanggan/konsumen Anda.

Strategi marketing di media sosial untuk bisnis skala kecil: Membagi Konten yang Dikurasi

Media sosial adalah salah satu media dimana akurasi suatu konten mempunyai nilai yang amat penting sehingga Anda mesti dapat menjaga konten supaya terus berkembang dan tetap relevan. Anda mesti dapat memilih konten yang bermanfaat dan berkualitas.

Strategi marketing medsos untuk bisnis skala kecil: Membuat Konten yang Valuable

Strategi media sosial marketing disebut efektif bila dapat menyertakan konten yang dikurasi ataupun konten yang diciptakan yang ditulis sendiri. Membuat konten sendiri tentunya membutuhkan usaha yang ekstra, namun bila hal itu dapat dilakukan secara baik, maka akan bisa menaikkan traffic pada website Anda. Website akan didatangi lebih banyak pembaca sehingga dapat memperoleh ulasan/testimoni yang lebih baik.

Anda mesti dapat memastikan kalau tiap-tiap bagian konten yang Anda buat sudah mempunyai pesan yang bernilai untuk pembaca sehingga mereka akan kembali untuk berkunjung ke website Anda. Ciri dari konten yang bernilai dan baik adalah kontek yang dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, dapat menyelesaikan masalah dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Dengan posting konten yang berharga Anda dapat memperoleh beragam manfaat seperti reputasi bisnis kian baik, peringkat SEO makin tinggi, para influencer akan merujuk konten bisnis Anda dan membuka kesempatan bagi bisnis Anda untuk dapat diliput oleh media.

Strategi marketing ke-4: Menggunakan Gambar yang Proporsional dan Menarik

Pemanfaatan gambar yang menarik akan bisa menarik perhatian konsumen/pelanggan secara cepat. Gambar dapat Anda gunakan saat membuat deskripsi bisnis dan siapa pun orang yang terdapat di belakangnya. Kecuali itu, Anda pun bisa menggunakannya untuk mendidik pelanggan serta membuat informasi jadi gampang dicerna oleh pelanggan.

Cara ke-5: Ikut Serta dalam Kelompok/Komunitas Online

Dalam komunitas ini Anda dapat berdiskusi dengan pelaku bisnis lainnya mengenai bisnis yang tengah Anda jalani. Di sini Anda pun bisa bertanya tentang jalan keluar dari berbagai masalah bisnis yang tengah Anda alami. Disamping itu, Anda pun dapat membagikan pengetahuan bisnis yang Anda miliki kepada anggota komunitas yang lainnya.

Cara terakhir: Optimalkan Platform Media Sosial Milik Anda

Platform media sosial sangat banyak ragamnya dan berpotensi membuat anda sulit untuk menciptakan eksistensi yang kuat pada setiap platform. Memakai banyak sosial media tanpa disertai fokus yang jelas juga akan amat membuang waktu lantaran tidak akan memberikan hasil apa-apa.

Rasanya tidak ada gunanya, kalau anda menggunakan banyak waktu dan sumber daya hanya untuk fokus ke dalam suatu platform dengan jumlah user sedikit. Anda dapat mengoptimalkan usaha pada platform dimana Anda mengetahui kalau pelanggan Anda banyak yang turut aktif di dalamnya.

Demikianlah 8 Strategi Marketing Medsos Bisnis Skala Kecil yang dapat anda lakukan. Semoga berguna dan berhasil!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Webmentions

  • Bisnis Tanpa Modal, Gue Modalin Elu Kerjain – The SUB

    […] awal pembentukan bisnis tanpa modal(uang), dropshipper, reseller, sampai dengan konsultan adalah beberapa contoh bisnis tanpa modal(uang) banyak, tapi bermodalkan bacot, relasi, atau kekuasaan, dan biasanya bisnis tadi bisa […]